Week #12 Pelaksanaan PKL di Diskominfosanti Kabupaten Buleleng


 


     

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng memasuki minggu akhir, dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dilakukan seperti finalisasi blog dan beberapa project yang akan dibuat dimulai dari persiapan hingga perpisahan dengan mentor sekaligus Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng, project yang dibuat merupakan implementasi ilmu yang telah didapatkan selama pelaksanaan PKL. Project yang diambil adalah konfigurasi Mikrotik. Mikrotik adalah perusahaan yang berbasis di Latvia yang menyediakan perangkat lunak dan perangkat keras jaringan. Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat keras Mikrotik, seperti router, switch, wireless access point, dll.

Fungsi dari Mikrotik adalah sebagai router dan firewall yang digunakan untuk mengatur lalu lintas jaringan dan memberikan keamanan jaringan. Mikrotik memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mengatur akses jaringan, mengatur bandwidth, mengatur Quality of Service (QoS), dan melakukan monitoring jaringan. Mikrotik juga dapat digunakan untuk mengatur jaringan wireless, hotspot, VPN, dan banyak fitur lainnya yang membantu dalam mengatur dan mengoptimalkan kinerja jaringan. 


Kelebihan dari penggunaan RouterBoard Mikrotik adalah:

  1. Harga yang terjangkau: RouterBoard Mikrotik dikenal memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan perangkat keras jaringan lainnya yang memiliki fitur yang sama.

  2. Fitur yang lengkap: Mikrotik menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk mengatur dan mengoptimalkan kinerja jaringan, seperti routing, firewall, hotspot, VPN, dll.

  3. Dapat digunakan untuk jaringan wireless: Mikrotik dapat digunakan untuk mengatur jaringan wireless dan memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mengatur akses wireless dan meningkatkan kinerja jaringan wireless.

  4. Dapat digunakan untuk jaringan hotspot: Mikrotik dapat digunakan untuk mengatur jaringan hotspot dan memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mengatur akses hotspot dan meningkatkan kinerja jaringan hotspot.

  5. Dapat digunakan untuk jaringan VPN: Mikrotik dapat digunakan untuk mengatur jaringan VPN dan memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mengatur koneksi VPN dan meningkatkan kinerja jaringan VPN.

Sedangkan beberapa kekurangan dari penggunaan RouterBoard Mikrotik adalah :

  1. Kurang intuitif: Interface RouterBoard Mikrotik mungkin terlihat kurang intuitif bagi beberapa pengguna yang tidak terbiasa dengan perangkat keras jaringan.

  2. Kurang pengalaman dalam penggunaan : Pengguna mungkin kurang pengalaman dalam penggunaan Mikrotik dan perlu waktu untuk mempelajari dan mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia.

  3. Dibutuhkan keterampilan yang cukup: Pengguna harus memiliki keterampilan yang cukup dalam jaringan dan sistem untuk dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia pada Mikrotik.

  4. Dokumentasi kurang lengkap: Dokumentasi yang tersedia untuk Mikrotik mungkin kurang lengkap dan menyulitkan pengguna untuk menemukan informasi yang diinginkan.

        Seperti yang diketahui Router Mikrotik memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat untuk keperluan jaringan, baik advance maupun sederhana, penulis membatasi beberapa fitur yang dimaksudkan. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah serta memenuhi kebutuhan sistem yang diperlukan serta tidak melebihi kapasistas dari router tersebut yang menyebabkan gagal fungsi pada perangkat jaringan tersebut. Konfigurasi yang dilakukan dalam pelaporan akhir adalah. Konfigurasi Access Point, DHCP Server, Hotspot, User Manager untuk Voucher Internet.

    Pada hari terakhir peserta PKL ditarik langsung oleh Dosen Pembimbing dari Undiksha, dan selanjutnya didampingi oleh mentor. tidak luput juga dari Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng, menyampaiakan pesan dan kesan serta arahan untuk tetap semangat dan menjunjung tinggi budaya kerja yang ada serta mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan. 


Posting Komentar

Terima kasih, saran anda akan selalu kami dengar!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.