Literasi Di abad Milenial

Trunee
Media sosial merupakan sarana yang tidak asing lagi yang terdengar di kalangan masyarakat umum sebab tampaknya media sosial di abad ke 21 atau disebut sebut sebagai abad milenial sudah tidak memandang usia lagi untuk penggunanya mulai dari anak SD bahkan TK sekalipun, sampai ibu ibu yang sudah berkepala lima. Hal ini tentu membawa dampak bagi yang menggunakannya. Dampak yang dihasilkan sebagian besar mengarah ke hal yang negatif. Buktinya saja peristiwa yang terjadi beberapa minggu, yaitu gempa. Bandingkan saja apabila terjadi gempa di zaman dahulu mereka akan menerka-nerka kekuatan gempanya dan melanjutkan aktivitas seperti biasanya.

                             Related image

Namun di masa sekarang masyarakat sudah bisa mengaksesnya melalui media sosial terkait info gempa dan dampak terbesarnya bukan mengetahui skala besarnya gempa tersebut, melainkan informasi yang jauh membahayakan yang disebut dengan hoax. Hoax merupakan kebohongan yang diinformasikan ke masyarakat umum. Akun resmi BMKG di instagram memposting informasi terkait gempa yang terjadi detik itu juga. Namun beberapa oknum menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat masyarakat yang lainnya khawatir, dengan cara mereka sengaja memposting gambar dengan caption bahwa gempa susulan akan terjadi di jam 12 malam nanti beriringan dengan letusan gunung agung. Tentu saja hal ini membuat sebagian besar masyarakat untuk memilih tidak tidur karena informasi yang disampaikan di akun BMKG “palsu” yang ternyata itu bukan dari akun resminya. Menyedihkan bukan?

                                             Image result for literasi digital

Hingga pada akhirnya akun resmi BMKG merepost postingan tersebut dan mencantumkan caption bahwa informasi tersebut adalah hoax. Dari peristiwa gempa yang disusul dengan informasi hoax membuat masyarakat kecewa dengan apa yang telah terjadi. Fenomena di media sosial ini sudah sangat sering ditemukan terkait kasus hoax. Maka dari itu untuk menanggulangi hal tersebut penting bagi masyarakat umum untuk mengetahui tentang literasi media sosial. Dalam konteks ini literasi media sosial merupakan pengenalan terkait media sosial, cara penggunakannya dengan bijak serta mampu menyaring informasi dari sumbernya langsung.


Referensi :


Posting Komentar

Terima kasih, saran anda akan selalu kami dengar!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.